SATU

Rumah Mr. Rosi Kurniawan Renovasi total Purwokerto

Nama  Proyek             :  Renovasi Rumah Mr Rosi Kurniawan, Purwokerto

Perencana                   :  Dedy Purwanto

Architecture Firm      :  iDE Arsitek

Owner                          :  Mr. Rosi Kurniawan

Lokasi                           :  Ajibarang, Purwokerto

Status                           :  Renovasi Total

Luas Lahan                  :  225 m2

Luas Bangunan           :  187, 4 m2

Tahun                            :  2015

Lokasi site yang terletak disuatu desa ini, membuat Owner menginginkan rumah yang memasyarakat. Tidak terlalu mewah tetapi enak untuk dipandang. Mengingat Luas lahan yang sempit karena diapit oleh rumah tetangga dan juga jalan lingkungan, sehingga desain yang dihasilkan berupa rumah dua lantai.

Kebutuhan ruang yang dibutuhkan adalah Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan, Dapur, 4 Kamar tidur termasuk Kamar tidur utama, KM/WC, Garasi dan Area Cuci. Bangunan lantai 1 terdiri dari Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Garasi, Ruang Makan, Dapur, 2 Kamar Tidur termasuk Kamar tidur utama, KM/WC, area Cuci. Dan bangunan lantai dua terdiri dari 2 kamar tidur, ruang santai. Terdapat Void dilantai 2 tepat pada Ruang Keluarga, sehingga dari lantai 2 bisa melihat aktivitas di ruang keluarga.

SATU

denah lantai 1

 

denah lantai 2

Kebiasaan di desa adalah ada pertemuan rutin setiap minggunya sehingga saya desainkan dinding nonpermanent pada ruang tamu-ruang keluarga. Sehingga pada saat ada pertemuan dinding bisa dibuka . Selain itu juga, Bapak Rosi Kurniawan adalah Keluarga Besar sehingga pada event-event tertentu banyak saudara yang datang. Oleh Karena itu mempunyai ruang keluarga yang cukup luas yaitu 21 m2.

Untuk menampilkan fasad yang masih tetap enak dipandang walaupun masih mempunyai nilai sederhana. Saya memilih menempatkan jendela dipojokkan kamar tidur dengan paduan batu alam susun sirih dan juga bentuk warna berbeda untuk menonjolkan bangunan ini dengan bangunan disekitar. Selain itu pada bagian samping dinding kaca frame aluminium dipilih sebagai dinding untuk memperlihatkan tangga.

coba 2

Dibagian belakang terdapat Kamar Mandi dan Ruang Cuci. Ruang cuci yang menggunakan roster dengan penyusunan silang sehingga tidak monoton untuk dilihat dan tetap menunjukkan fungsi utama (sirkulasi udara). Sirkulasi udara melalui lubang-lubang roster menambahkan kesan terbuka dan sejuk.