air-bersih_regional_kompas_com

Upaya Membarukan Air

Bagi Manusia, keberadaaan air sangat vital. Oleh karenanya, ketersediaan air harus terjaga. Sayangnya, dari hari ke hari, kualitas air di Bumi terus menurun. Entah karena tercemar limbah industri dan rumah tangga, atau interusi air laut. Terkadang air pun tak standar baku dan jumlah pasokannya berkurang ketika musim.
Untung menanggulangi bencana akibat semua itu, sebetulnya ada langkah-langkah sederhana yang dapat kita lakukan, antara lain:
  1. Hematlah air. Gunakan air keran yang aliran airnya secara otomatis berhenti setiap empat detik. Gunakan WC dengan spesifikasi penggelontoran air dua tingkat, sehingga air yang dikeluarkan sesuai kebutuhan.
  2. Buat sumur resapan. Sumur resapan dapat meresapkan air lebih cepat daripada sekadar tanah lapang atau halaman rumput. Sumur tak perlu besar dan dalam, yang terpenting fungsinya maksimal. Sumur dapat diisi koral dan pasir agar tidak membahayakan keselamatan.
  3. Olah septictank sebaik mungkin. Jaga agar septictank tidak bocor karena kebocoran itu dapat membuat air tanah tercemar. Jika perlu, gunakan septictank biologis yang dapat mengolah kotoran lebih maksimal. Air buangannya pun lebih bersih

 

sumber: IDE PINTAR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *